CCTV di Ruang Publik Bisa Cegah Tindak Kejahatan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menganggap sistem kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) di Makassar, Sulawesi Selatan sebagai sistem keamanan digital yang komprehensif.

“Saya sudah keliling ke seluruh kota besar se-Indonesia, Makassar salah satunya yang memiliki sistem keamanan yang baik melalui pemasangan CCTV di gedung-gedung,” kata Tito usai meresmikan Command Centre di Polrestabes Makassar, Rabu (12/4/2017).

Makassar juga telah memiliki Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mewajibkan bangunan-bangunan yang nantinya difungsikan untuk ruang publik, seperti mall dan hotel untuk memasang CCTV privat yang dapat dikoneksikan dengan ruang kontrol yang disebut War Room milik Pemerintah Kota Makassar.

War Room menampilkan tayangan real time ratusan CCTV yang telah ditempatkan di titik-titik strategis untuk memantau situasi dan kegiatan masyarakat, sehingga tidak ada lagi tempat bersembunyi bagi pelaku kejahatan dan pelanggar hukum.

“Saat ini sudah terpasang 300 titik CCTV di Makassar dan rencananya akan dikembangkan sampai 3.000 titik. Semoga sistem CCTV dapat membawa ketenteraman bagi warga Makassar,” tutur Kapolri.

Sementara itu Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto atau lebih akrab disapa Danny ini menjelaskan sistem pemasangan CCTV  juga digunakan untuk memantau dan mengatur jika nantinya ada kegiatan-kegiatan penting seperti lebaran dan tahun baru atau hal-hal penting lainnya. Insiden- insiden kecil yang terpantau melalui titik-titik CCTV yang tersebar di Kota Makassar.

“Sistem ini memang digagas untuk menciptakan rasa aman bagi warga kota sehingga masyarakat kita merasa terlindungi," tutur Danny. 

 

Sumber : nasional.sindonews.com

Office Hours

Senin - Jumat 

08.30 - 17.30

 

 
 

Ada Pertanyaan?

OUR OFFICE :

Jalan Mangga Dua Raya No.21 - Jakarta Barat 11110

CALL 021-690 5333

 

 

       

 

© 2015 PT Pasifik Teknologi Indonesia. All Rights Reserved.